Kurniati, Intan (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DAN INSTRUMEN TES BERBASIS PISA MENGGUNAKAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA BRIGJEND KATAMSO I TESIS Diajukan Untuk. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM_ 8166172030_Cover.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM_ 8166172030_Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (885kB) | Preview
3. NIM_ 8166172030_Abstract.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM_ 8166172030_Preface.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
5. NIM_ 8166172030_Table Of Content.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
6. NIM_ 8166172030_Tables.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM_ 8166172030_Ilustration.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM_8166172030_Chapter I .pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM_8166172030_Chapter V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM_8166172030_Bibliography.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Efektivitas lembar kerja siswa (LKS) dan instrumen tes berbasis PISA pada model PBL yang dikembangkan; (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan LKS dan instrumen tes berbasis PISA; dan (3) Peningkatan kemampuan abstraksi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan LKS dan instrumen tes berbasis PISA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Uji coba pada penelitian ini dilakukan di kelas X-IA-3 dan X-IA-5 SMA Brigjend Katamso I Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) LKS dan instrumen tes berbasis PISA pada model PBL yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 89,74% ; b) ketercapaian tujuan pembelajaran lebih dari 75% untuk tiap-tiap butir soal; c) 91,79% siswa memberi respon positif terhadap penggunaan LKS dan instrumen tes berbasis PISA; dan d) ketercapaian waktu pembelajaran sama dengan waktu pembelajaran biasa; (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori sedang; dan (3) terdapat peningkatan kemampuan abstraksi matematis siswa dengan kategori sedang. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa dan instrumen tes berbasis PISA efektif untuk meningkatkan kemampuan abstraksi dan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 1 Kur p |
Keywords: | lembar kerja siswa, instrumen tes, PISA, PBL, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan abstraksi matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 09:53 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 09:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31722 |