Nopianty, Eka Rezky (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 30 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166171009 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM 8166171009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (974kB) | Preview
3. NIM 8166171009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 8166171009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
6. NIM 8166171009 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM 8166171009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM 8166171009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (961kB) | Preview
12. NIM 8166171009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM 8166171009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kevalidan bahan ajar berdasarkan validator ahli;(2) kepraktisan bahan ajar berdasarkan validator ahli dan praktisi, serta berdasarkan keterlaksanaan bahan ajar; (3) keefektivan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi yang dikembangkan; (4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi yang dikembangkan; dan (5) pencapaian kemandirian belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi yang dikembangkan. Peneliti mengembangkan bahan ajar berupa bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian validator ahli; (2) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian validator ahli dan praktisi, serta keterlaksanaan bahan ajar; (3) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan klasikal, respon siswa, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran; (4) pada uji coba I terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan kategori rendah, yaitu sebesar 0,28 dan pada uji coba II terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan kategori sedang, yaitu sebesar 0,56; dan (5) pencapaian kemandirian belajar siswa berada untuk indikator 1 (inisiatifbelajar) sebesar 90,88%, indikator 2 (mendiagnosa kebutuhan belajar) sebesar 71,48%, indikator 3 (menetapkan tujuan belajar) sebesar 84,37%, indikator 4 (memandang kesulitan sebagai tantangan) sebesar 60,41%, indikator 5 (memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan) sebesar 58,85%, indikator 6 (konsep diri) sebesar 81,83%, indikator 7 (metakognitif) sebesar 79,44%, dan indikator 8 (managemen diri) sebesar 84,50%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Nop p |
Keywords: | bahan ajar, model pengembangan Dick & Carey, pendekatan metakognisi, kemampuan komunikasi matematis, kemandirian belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 09:47 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 09:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31721 |