Siregar, Atika Nurladiza (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PAIKEM DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD ISLAM TERPADU NURUL ILMI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182008 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 8166182008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
3. NIM. 8166182008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 8166182008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 8166182008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
6. NIM. 8166182008 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
7. NIM. 8166182008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM. 8166182008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
9. NIM. 8166182008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM. 8166182008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
14. NIM. 8166182008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Paikem Tipe Jigsaw dan Model direct instruction, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan motivasi belajar tinggi, untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Jigsaw dan Model pembelajaran langsung(Direct Instruction) dengan tingkat motivasi belajar (Tinggi dan Rendah) terhadap hasil belajar IPS. Populasi penelitian ini kelas IV SD Islam Terpadu Nurul Ilmi Kecamatan Percut Sei Tuan. Dan Sampel dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Kelas Eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan strategi Paikem dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari : Tes Belajar IPS, dan lembar Angket Motivasi Belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Anava Dua Jalur. Terdapat pengaruh Strategi Paikem terhadap hasil belajar IPS dengan Nilai Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Strategi Paikem memperoleh skor sebesar 88,67 sedangkan siswa yang menggunakan metode model direct instruction memperoleh skor sebesar 79,22. Dan Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS Rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi memperoleh skor sebesar 88,56 sedangkan siswa yang memiliki motivasi rendah memperoleh skor sebesar 79,33. Dan Terdapat interaksi antara Strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Oleh karena itu, model pembelajaran dan motivasi belajar dapat mempengaruhi hasil belajar IPS, secara terpisah maupun secara bersama-sama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Ber p |
Keywords: | Hasil Belajar, Motivasi, Strategi Paikem |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Feb 2019 09:36 |
Last Modified: | 12 Feb 2019 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31711 |