PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DI SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI

Atikah, Nur (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI DI SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156173030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156173030 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156173030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156173030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156173030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156173030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156173030 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156173030 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156173030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156173030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156173030 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156173030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156173030 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156173030 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156173030 LIST OF ATTACMENT.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156173030 LIST OF ATTACMENT.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156173030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156173030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 81561713030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 81561713030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156173030 BLIBIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156173030 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran
terhadap: (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi; (2) Keterampilan proses sains;
dan (3) Sikap ilmiah siswa pada materi sistem pernapasan manusia di SMA
Negeri 1 Labuhan Deli. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen
dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan
teknik total sampling. Kelas XI-IA3 dibelajarkan dengan model pembelajaran
inkuiri terbimbing, XI-IA2 dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri bebas
termodifikasi dan XI-IA1 dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Instrumen
penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan
proses sains dalam bentuk essay serta angket sikap ilmiah. Teknik analisis data
menggunakan Analisis Kovariat pada taraf signifikan ά = 0,05 dengan bantuan
SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan model pembelajaran
terhadap: (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pada kemampuan berpikir
tingkat tinggi, siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing 78 ± 7,95 ( ̅
± SD) berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model
inkuiri bebas termodifikasi 71,67 ± 7,52 ( ̅ ± SD) (P = 0,002), dan berbeda secara
signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran langung 73,07 ±
7,11 ( ̅ ± SD) (P = 0,013). (2) Keterampilan proses sains. Pada keterampilan
proses sains siswa yang diajarkan model inkuiri terbimbing 70,93 ± 4,10 ( ̅ ± SD)
berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model inkuiri
bebas termodifikasi 67,57 ± 6,14 ( ̅ ± SD) (P = 0,029), dan berbeda secara
signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran langung 66,5 ±
4,53 ( ̅ ± SD) (P = 0,003); dan (3) Sikap ilmiah. Pada sikap ilmiah siswa yang
diajarkan dengan model inkuiri terbimbing 116,83 ± 5,99 ( ̅ ± SD) berbeda secara
signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan model inkuiri bebas
termodifikasi 111,47 ± 7,06 ( ̅ ± SD) (P = 0,016), dan berbeda secara signifikan
dengan kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung 112,07 ± 8,82 ( ̅ ±
SD) (P = 0,038). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada
guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing ataupun
inkuiri bebas termodifikasi pada materi sistem pernapasan manusia dalam upaya
meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, keterampilan proses sains dan
sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 375.2 Ati p
Keywords: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas Termodifikasi, Pembelajaran Langsung.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Feb 2019 09:52
Last Modified: 06 Feb 2019 09:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31697

Actions (login required)

View Item
View Item