Aulia, Syafitri (2018) KONTRIBUSI KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCES), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) TERHADAP HASIL BELAJARBIOLOGISISWA DI MAN SE-KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166174021 COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
2. NIM. 8166174021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 8166174021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
4. NIM. 8166174021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
5. NIM. 8166174021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
6. NIM. 8166174021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
7. NIM. 8166174021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
8. NIM 8166174021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
9. NIM. 8166174021 BAB I.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
13. NIM. 8166174021 BAB V.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
14. NIM. 8166174021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik analisis regresi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecerdasan majemuk (multiple
intelligences), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap hasil
belajar biologi siswa di MAN se-Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh
siswa kelas XI MIA MAN Se-Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil
dengan teknik proportionate stratified random sampling (PSRS) dan simple
random sampling (SRS) yang terdiri dari 281 siswa. Instrumen penelitian ini
berupa tes kecerdasan majemuk (multiple intelligences), kecerdasan emosional (EQ) dan
kecerdasan spiritual (SQ) serta hasil belajar biologi. Hasil penelitian ini adalah sebagai
berikut : (1) kecerdasan majemuk (multiple intelligences) memiliki kontribusi
terhadap hasil belajar biologi siswa sebesar 57.7% (2) kecerdasan emosional (EQ)
memiliki kontribusi terhadap hasil belajar biologi siswa sebesar 3%; (3)
kecerdasan spiritual (SQ) memiliki kontribusi terhadap hasil belajar biologi siswa
sebesar 0.8%; (4) kecerdasan majemuk (multiple intelligences), kecerdasan
emosional dan kecerdasan spiritual memiliki kontribusi terhadap hasil belajar
biologi sebesar 64.8%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan melihat
kontribusi dari masing-masing variabel, maka dapat diketahui kecerdasan
majemuk (multiple intelligences) memiliki kontribusi terbesar dan disebut sebagai
prediktor terbaik terhadap hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.1 Aul k |
Keywords: | kecerdasan majemuk (multiple intelligences), kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Feb 2019 09:38 |
Last Modified: | 06 Feb 2019 09:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31696 |