SIMATUPANG, MERSI DOKNAULI (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SUGESTIF OLEH SISWA KELAS VII SMP METHODIST TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2143111039 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 2143111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
3. NIM. 2143111039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 2143111039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 2143111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 2143111039 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 2143111039 LIST OF HISTROGRAM.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 2143111039 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 2143111039 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13. NIM. 2143111039 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 2143111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Sugestif Oleh Siswa Kelas VII SMP Swasta Methodist Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019. Metode pembelajaran brainstorming adalah suatu teknik atau cara mengajar di dalam kelas untuk mendapatkan banyak ide untuk menjawab permasalahan yang dilontarkan oleh guru. Populasi penelitian ini berjumlah 104 Siswa SMP Swasta Methodist Tanjung Morawa. Pengambilan data digunakan dalam bentuk penugasan keterampilan menulis teks narasi sugestif, dengan jumlah kelas eksperimen 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test post-test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji ‘t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks narasi sugestif sebelum menggunakan metode pembelajaran brainstorming termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 59,47, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks narasi sugestif sesudah menggunakan metode pembelajaran brainstorming termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh adalah 76,87. Dengan hasil uji hipotesis yaitu 1,69 < 7,70 > 2,38. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan menulis teks narasi sugestif oleh siswa kelas VII SMP Swasta Methodist Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks narasi sugestif sesudah menggunakan metode pembelajaran brainstorming, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan metode pembelajaran brainstorming berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks narasi sugestif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 058 |
Keywords: | Metode; Brainstorming; Menulis; Teks Narasi Sugestif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 06 Feb 2019 10:08 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31691 |