Nasution, Eva Sahrida Yanti (2019) NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU KUMPULAN CERPEN KARYA QURROTA AINI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN BACAAN SASTRA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156192005 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8156192005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3. NIM. 8156192005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM. 8156192005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 8156192005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 8156192005 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 8156192005 STRUCTURE.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 8156192005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 8156192005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
10. NIM. 8156192005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
14. NIM. 8156192005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
15. NIM. 8156192005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Pemerintah gencar mengimplementasikan pendidikan karakter karena keadaan
generasi muda saat ini yang sangat memprihatinkan dengan banyaknya kasus
tindakan kriminal yang dilakukan oleh anak.anak. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan untuk menanamkan pendidikan karakter adalah melalui pembelajaran
sastra di sekolah. Sekolah perlu menyediakan bahan bacaan yang berkualitas yang
mengandung nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilainilai
karakter yang terkandung dalam buku kumpulan cerpen karya Qurrota Aini
serta relevansinya sebagai bahan bacaan sastra di Sekolah Dasar. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan cara deskriptif analisis. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, catat, wawancara, dan angket.
Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang dikemukakan oleh
Miles dan Huberman. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui relevansi
buku kumpulan cerpen karya Qurrota Aini sebagai bahan bacaan di Sekolah Dasar
yaitu dengan daftar pertanyaan angket dan wawancara. Narasumber dalam
penelitian ada tiga orang guru SD Pahlawan Nasional Medan dan tiga puluh tiga
siswa SD. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan ada tigabelas nilai
karakter yang terkandung dalam dua buku kumpulan cerpen karya Qurrota Aini,
yakni nilai religius, nilai jujur, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai
mandiri, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat, nilai
cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli sosial dan nilai tanggung jawab.
Berdasarkan hasil angket dan wawancara pada guru dan siswa, dapat dikatakan
bahwa buku kumpulan cerpen karya Qurrota Aini sangat relevan untuk dijadikan
bahan bacaan sastra di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 813 Nas n |
Keywords: | cerpen, nilai karakter, bahan bacaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 10:24 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 10:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31683 |