Syofiandi (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SEJARAH LOKAL PADA MATERI TEKS EKSPLANASI KELAS XI SMA NEGERI 1 TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166191017 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 8166191017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
3. NIM. 8166191017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 8166191017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 8166191017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 8166191017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 8166191017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 8166191017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
13. NIM. 8166191017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM. 8166191017 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Sejarah lokal merupakan salah satu aspek potensial dalam mengembangkan
karakter peserta didik. Tetapi pemanfaatan sejarah lokal sebagai bahan ajar
potensial belum dikembangkan dengan maksimal dalam kegiatan pembelajaran di
SMA Negeri 1 Tanjungbalai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan
dan keefektifan bahan ajar berbasis sejarah lokal pada materi teks eksplanasi
siswa kelas XI SMAN 1 Tanjungbalai. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian pengembangan yang merujuk pada model ADDIE. Tahapan
pengembangan meliputi studi pendahuluan, tahap perancangan, tahap
pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Kelayakan bahan ajar
diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli desain, dan uji coba produk. Hasil
validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan persentase rata-rata 81,25%
dengan kriteria baik, kelayakan penyajian dengan persentase rata-rata 80,55%
dengan kriteria baik, dan kelayakan kebahasaan dengan persentase rata-rata
83,33% dengan kriteria baik. Hasil validasi ahli desain bahan ajar memperoleh
persentase rata-rata 75,28% dengan kriteria baik. Uji coba produk dilakukan
dengan tiga tahapan yaitu uji coba perorangan dengan persentase rata-rata
84,58%, uji coba kelompok kecil dengan persentase rata-rata 87,08% dan uji coba
kelompok terbatas dengan persentase rata-rata 89,06%. Keefektifan bahan ajar
diperoleh dari hasil belajar siswa saat pretes dan postes. Skor rata-rata siswa pada
saat pretes 70,93 sedangkan pada saat postes diperoleh skor rata-rata 81,09.
Penelitian ini berimplikasi untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi
teks eksplanasi dan memudahkan siswa dalam mempelajari materi teks
eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Syo p |
Keywords: | bahan ajar, teks eksplanasi, sejarah lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 10:13 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 10:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31681 |