Lubis, Isnayanti (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP AMALIA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156192010 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 8156192010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (547kB) | Preview
3. NIM 8156192010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
4. NIM 8156192010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM 8156192010 FABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. NIM 8156192010 TABLES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7 NIM 8156192010 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. NIM 8156192010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. NIM 8156192010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (900kB) | Preview
13. NIM 8156192010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
14. NIM 8156192010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses penyusunan bahan ajar
berbasis berpikir kritis pada pembelajaran menulis teks eksplanasi; (2) kelayakan
bahan ajar berbasis berpikir kritis pada pembelajaran menulis teks eksplanasi; dan
(3) keefektifan bahan ajar berbasis berpikir kritis pada pembelajaran menulis teks
eksplanasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D)
berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi dari Sanjaya.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara, angket,
dan tes mengenai materi teks eksplanasi. Subjek uji coba terdiri dari uji coba
perorangan (3 siswa), uji coba kelompok kecil (9 siswa) dan uji coba skala besar
(30 siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi secara
keseluruhannya mencapai rata-rata 85,20% pada kriteria sangat baik; (2) validasi
ahli desain pembelajaran secara keseluruhannya mencapai rata-rata 84,58% pada
kriteria sangat baik; (3) respon guru dengan rata-rata 89,84% pada kriteria sangat
baik; (4) respon siswa terhadap uji coba perorangan dengan rata-rata 85,48% pada
kriteria sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 90,42% pada
kriteria sangat baik dan uji coba skala besar dengan rata-rata 93,76% pada kriteria
sangat baik; (5) keefektifan bahan ajar ditunjukkan dari hasil belajar tes menulis
tesk eksplanasi siswa sebelum menggunakan modul sebesar 66,5%, sedangkan
hasil belajar tes menulis teks ekspalanasi siswa sesudah menggunakan modul
meningkat sebesar 82,17%. Selisih yang diperoleh sebesar 15,67% dari sebelum
ke sesudah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis berpikir
kritis pada pembelajaran menulis teks eksplanasi layak dan efektif digunakan
sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411 Lub p |
Keywords: | pengembangan, bahan ajar, teks eksplanasi, berbasis berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 10:01 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31679 |