Wati, Syafrida (2018) PENGEMBANGAN MODUL TEKS DESKRIPSI BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI I GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8146191024 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2 NIM. 8146191024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
3 NIM. 8146191024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4 NIM. 8146191024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5 NIM. 8146191024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6 NIM. 8146191024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7 NIM. 8146191024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
8 NIM. 8146191024 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
12 NIM. 8146191024 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13 NIM. 8146191024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses modul yang dikembangkan untuk
teks deskripsi kelas X SMA Negeri I Gunung Meriah, mengetahui basil tes
mcnulis tcks deskripsi, do.n mengetahui keefelctivan modul teks deskripsi. Penelitian
ini menggunakan metode Re.search and Development (R&D). Metodc pcnclitian ini
mcrujuk pada model Borg & Gall dengan scdikit peoyesuaian sesuai konteks penelitian.
Jenis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (I) proses pcngembangan modul tahap pertama yaitu melakukan analisis
masaJah dan kebutuhan, melakukan perencanaan bahan ajar, memvalidasi moduI
kepada ahli matert dan ahli desain. Hasil validasi dari ahli materi menuojukkan bahwa
kclayakan isi dengan rata-rata 95.44% pada kriteria sangat baik, kclayakan pcnyajian
dengan rata-rata 93. 74% pada kriteria sangat balk, kelayalcan bahasa dengan rata-rata
93.33% pada kriteria sangat baik dan kelayakan buku dengan rata-rata 99.800/o
pada kriteria sangat baik. Hasil persentase rata-rata dari keseluruhan sub
komponen penilaian desain adalah 90.27% dengan kriteria "sanga1 baik".
Persentasc rata-rata dari uji coba perorangan adalah 90.27%, uji coba kelompok
kecil adalah 84.43%, clan uji kelompok lapangan terbatas edalah 84.43% dengan
kriteria "sangat baik"; (2) basil belajar peserta didik pada tahap pretes diperoleh
hasil be1ajar peserta didik kelas x yang berjumlah 30 orang dengan jumln.h 1991
dengan rata-rata 66.36% sedangkan pada tahap posies diperolch basil belajar dengan
jumlah nilai 2289 dengan rata-rata 76.3%; (3) nilai rata-rata pada peserta didik yang
menggunakan modul bcrbasis kontekstual lebih ringgi dengan rata-rata 76.3%%
dibandingkan nilai rara-rata peserta didik sebelurn menggunakan bahan ajar berupa
modul dengan rata-rata 66.36%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Wat p |
Keywords: | modul, teks deskripsi, berbasis kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 09:39 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31676 |