Silaban, Wenni Rosadi (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI BERBASIS PROSES UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. BAB-I.pdf - Published Version
Download (828kB) | Preview
13. BAB-V.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar teks eksposisi berbasis proses untuk siswa kelas X
Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
bahan ajar teks eksposisi berbasis proses yang akan digunakan sebagai bahan
pembelajaran pada pengajaran menulis dalam Bahasa Indonesia. Penelitian
dilakukan di sekolah menengah atas negeri (SMA) pada tahun akademik
2017/2018. Materi pembelajaran dikembangkan dengan memperkaya topik teks
eksposisi untuk memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh kurikulum nasional
di Indonesia.
Materi pembelajaran telah digunakan sebagai media kegiatan belajar mengajar di
kelas eksperimen dan dibandingkan dengan buku biasa yang telah digunakan di
kelas kontrol pada pengajaran Bahasa Indonesia. Materi pembelajaran yang
dikembangkan dikategorikan sangat bagus dan layak digunakan. Pelaksanaan
pembelajaran di kelas telah mengubah gaya belajar siswa yang berpindah dari
yang berpusat pada guru ke pembelajaran yang berpusat pada siswa. Materi yang
dikembangkan ditemukan sangat layak sebagai bahan pembelajaran dalam proses
belajar mengajar dan dapat meningkatkan prestasi siswa dalam menulis teks
eksposisi. Prestasi siswa di kelas eksperimen (M = 86,04 ± 6,89) lebih tinggi
daripada yang diperoleh di kelas kontrol (M = 78,60 ± 5,42). Keterampilan
menulis Siswa juga meningkat. Fasilitas pembelajaran yang disediakan dalam
materi ditemukan layak dan efektif untuk membimbing siswa meningkatkan
kemampuan belajar mereka dalam menulis teks eksposisi berbasis proses dalam
Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Sil p |
Keywords: | pengembangan, bahan ajar, teks eksposisi, berbasis proses. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 09:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31675 |