Batrbutar, Citra Magdalena (2018) ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS KARAKTER DI SD NEGERI KABUPATEN DAIRI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182009 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8166182009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
3. NIM. 8166182009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 8166182009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 8166182009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 8166182009 TABLES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM. 8166182009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8166182009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
9. NIM. 8166182009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
13. NIM. 8166182009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
14. NIM. 8166182009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari kesiapan guru dalam mengimplementasikan penilaian otentik pada ranah karakter guna meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar dan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Kesiapan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik berbasis karakter, Faktor pendukung dalam mengimplementasikan penilaian autentik berbasis karakter, dan Faktor penghambat dan upaya untuk mengatasi hambatan dalam mengimplementasikan penilaian autentik berbasis karakter. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, serta pihak-pihak lain yang dianggap dapat memberikan jawaban atas masalah penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) Observasi; (2) Wawancara; dan (3) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kesiapan guru dalam mengimplementasikan penilaian otentik pada ranah karakter di SD Negeri Kabupaten Dairi dapat diketahui bahwa analisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan penilaian otentik pada ranah karakter masih belum optimal hal ini ditunjukkan pada belum meratanya sosialisasi dan pelatihan untuk guru-guru, belum efektifnya pelaksanaan pelatihan kurikulum 2013 yang diadakan oleh pemerintah untuk guru-guru, belum maksimalnya guru-guru dalam pelaksanaan pembelajaran dalam 2013 yaitu pengelolan waktu yang masih sangat terbatas, sarana dan prasarana belum lengkap, serta penilaian yang dianggap masih sangat sulit. Masalah yang dihadapi dalam implementasi penilaian autentik yaitu dalam hal penyesuaian antara jenis penilaian dengan karakteristik peserta didik, cara mengatasinya guru harus memahami pribadi peserta didik agar dapat mengenali karakteristik peserta didik, dan guru harus mengubah cara mengemas penyampaian tugas supaya peserta didik tidak merasa terbebani dengan tugas yang diberikan oleh guru. Masalah kedua, prosedur penilaian lebih rumit. Cara untuk mengatasi masalah di atas yaitu dengan cara mengadakan kerja kelompok guru seminggu sekali untuk membuat kolom awal tahun. Guru juga harus mengikuti penataran mengenai kurikulum 2013 dan selalu aktif mencari informasi terbaru mengenai penilaian autentik dalam berbasis karakter
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 But a |
Keywords: | Kesiapan Guru, Penilaian Autentik Berbasis Karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 09:51 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31670 |