Aisyah, Siti (2018) MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 104198 PAYA BAKUNG HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8126182035 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 8126182035 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM. 8156122053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM. 8156122053 KATA PRNGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 8156122053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 8156122053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 8156122053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8156122053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8156122053 BAB I.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
13. NIM. 8156122053 BAB V.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
14. NIM. 8156122053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Keterampilan Proses Sains (KPS)
dan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun penelitian ini
bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan KPS dan pengetahuan kognitif
siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, (2) Mengetahui
peningkatan KPS dan pengetahuan kognitif siswa menggunakan pembelajaran
ekspositori, (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing
terhadap KPS lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori, (4) Mengetahui
pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan kognitif
siswa lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini
adalah quasi eksperiment (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini adalah
60 siswa kelas VI yang berasal dari dua kelas pada SD Negeri 104198 Paya
Bakung Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Kelas pertama
diberikan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas
ke dua diberikan pembelajaran dengan Model Konvensional. Instrumen yang
digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari lembar observasi KPS dan lembar
tes kemampuan kognitif. Tes kemampuan kognitif dalam bentuk essay yang telah
di uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis
menggunakan uji-t atau uji independen sampel uji-t dengan bantuan program
SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan peningkatan
KPS siswa yang diberikan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model
konvensional. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kognitif siswa
yang diberikan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dengan
pembelajaran konvensional. (3) Terdapat peningkatan KPS setelah diberikan
pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing. Dengan gain ternormalisasi KPS
kategori sedang. Terdapat peningkatan kemampuan kognitif setelah diberikan
pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing. Dengan gain ternormalisasi KPS
kategori sedang (4) Terdapat perbedaan peningkatan KPS dan kemampuan
kognitif siswa yang diberikan pembelajaran melalui model pembelajaran
konvensional. Dengan gain ternormalisasi kategori rendah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.114 Ais e |
Keywords: | Keterampilan Proses, Kemampuan Kognitif, Model Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 09:45 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 09:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31669 |