Ginting, Heryansyah (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SUB TEMA INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 055980 AMAN DAMAI TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182019 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2. NIM. 8166182019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
3. NIM. 8166182019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4. NIM. 8166182019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM. 8166182019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 8166182019 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 8166182019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 8166182019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8166182019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
13. NIM. 8166182019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
14. NIM. 8166182019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, perbedaan hasil belajar PKn siswa
yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media gambar
dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model
ekspositori, perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki motivasi tinggi
dengan siswa yang memiliki motivasi rendah. Interaksi antara model
pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini
terdiri dari seluruh siswa kelas IV SD Negeri 055980 Aman Damai Kec.Sirapit
yang berjumlah 50 orang yang terdiri dari kelas IVa 26 Orang dibelajarkan
dengan model discovery learning berbantuan media gambar dan kelas IVb 24
orang yang menggunakan model ekspositori. Digunakan data dalam bentuk tes
pilihan berganda dan angket motivasi belajar, desain yang digunakan dalam
penelitian ini adalah desain factorial 2 x 2 dengan teknik ANAVA 2 jalur. Hasil
penelitian ini menunjukan Hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan
model discovery learning berbantuan media gambar lebih baik dibandingkan
dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model ekspositori. Sig.
0,000 < 0,05, Terdapat perbedaan hasil belajar PKn siswa yang memiliki
motivasi tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi
rendah Sig. 0,000 < 0,05, Terdapat interaksi antara model pembelajarandengan
motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar ditunjukan Sig. 0,000 < 0,05
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Gin p |
Keywords: | Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation J Political Science > JF Political institutions (General) > JF20 General. Comparative government L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 09:32 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31667 |