Anggita,, Indaria (2018) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL GERAK DASAR TARI MELAYU TERINTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166122009 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM. 8166122009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
3. NIM. 8166122009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
4. NIM. 8166122009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5. NIM. 8166122009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
6. NIM. 8166122009 TABLES.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
7. NIM. 8166122009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
8. NIM. 8166122009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
9. NIM. 8166122009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
13. NIM. 8166122009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
14. NIM. 8166122009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video tutorial tari tradisional terinternalisasi pendidikan karakter yang layak bagi siswa kelas X SMA Swasta Pertiwi Medan, serta mengetahui keefektifan produk video tutorial tari tradisional terinternalisasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian research and development (R&D) dengan subjek uji coba penelitian berjumlah 50 siswa terdiri dari 4 siswa pada uji perorangan, 10 siswa uji kelompok kecil, dan 36 uji kelompok terbatas serta 10 orang sebagai validator ahli media, ahli materi dan ahli desain pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) menghasilkan produk video tutorial tari tradisional terinternalisasi pendidikan karakter yang layak digunakan dengan pesentase rata-rata hasil validasi ahli sebesar 89,08% dengan kategori “sangat baik” sedangkan pada persentase rata-rata pada uji perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan terbatas sebesar 96,20% dengan kategori “sangat baik”. (2) Efektivitas penggunaan produk yang dikembangkan dalam pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum menggunakan dengan setelah menggunakan produk, hal ini berdasarkan pengolahan data dengan Aplikasi SPSS 20 diperoleh t hitung > t tabel atau 20,70 > 2,03 dengan df=35, terlihat bahwa hasil belajar setelah menggunakan multimedia sebesar 75,35% lebih tinggi dibandingkan hasil belajar sebelum menggunakan multimedia sebesar 53,82%. Selain itu dengan menggunakan video tutorial tari tradisional terinternalisasi pendidikan karakter ini mampu menumbuh kembangkan karakter siswa yaitu kerjasama dengan pesentase rata-rata 87.50%, toleransi sebesar 84.72% dan santun sebesar 81.25% . Disimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar aspek keterampilan dan sikap siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Ang p |
Keywords: | Video Tutorial, Tari Tradisional, Pendidikan karakter |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education M Music and Books on Music > M Music > M1495 Vocal music |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Jan 2019 10:02 |
Last Modified: | 17 Jan 2019 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31663 |