Siregar, Ziaulhaq (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP POSITIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 PANTAI LABUMELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126172044 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 8126172044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
3. NIM. 8126172044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 8126172044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 8126172044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 8126172044 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM. 8126172044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8126172044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8126172044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
13. NIM. 8126172044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran biasa, (2) terdapat peningkatan sikap positif siswa terhadap matematika yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran biasa, (3) interaksi antara pendekatan kontekstual dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pantai Labu dan sampelnya dipilih secara acak yaitu SMP Negeri 4 Pantai Labu terdiri dari kelas VII-1 (kelas eksperimen) dan kelas VII-3 (kelas kontrol) masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari:(1) tes KAM, (2) tes kemampuan Pemecahan Masalah dan (3) skala angket sikap positif, pada materi SPLDV. Instrument tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0.77, 0.72 dan 0.74 berturut-turut untuk KAM, kemampuan koneksi matematik dan sikap positif. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan sikap positif siswa yang diberi pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang diberi pembelajaran biasa, (2) terdapat peningkatan sikap positif siswa terhadap matematika yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran biasa (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan sikap positif siswa. Peneliti menyarankan agar pembelajaran kontekstual menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematik dan sikap positif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.8 Sir p |
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan Sikap Positif Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 02:56 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31650 |