Waruwu, Tahadodo (2009) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIPOHOLON TAPANULI UTARA. Masters thesis, UNIMED.
071188210016_Cover.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
071188210016_Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
071188210016_Abstrak.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
071188210016_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
071188210016_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (753kB) | Preview
071188210016_Bab_I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071188210016_Bab_V.pdf - Published Version
Download (765kB) | Preview
071188210016_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar Sosiologi kelompok siswa yang diajar dengan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran model Elaborasi dibandingkan dengan kelompok siswa yang diajar dengan
Strategi Pengorganisasian Pembelajaran model Ekspositori; (2) hasH belajar Sosiologi siswa yang mcmiliki Motivasi belajar tinggi dan hasil belajar Sosiologi siswa yang memiliki Motivasi belajar rendah; (3) ada tidaknya intcraksi antara Strategi Pembelajaran dan tingkat Motivasi belajar siswa tcrhadap basil belajar Sosiologi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Sipoholon semester genap tahun pembelajaran 2008/2009. Populasi betjumlah Ill orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling 77 orang yang tcrdiri dari 39
orang Kelas XI IPS1 untuk model pembelajaran Elaborasi dan 38 orang Kelas XI IPS2 untuk model pembelajaran Ekspositori. Tes Motivasi belajar dilakukan untuk
mengelompokkan siswa atas Motivasi bclajar tinggi dan Motivasi belajar rendah. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik 'deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dcngan statistik infcrensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dcngan taraf signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dcngan Uji
Scheffie. Sebclumnya dilakukan Uji analisis bcrupa normalitas dan Uji homogenitas.
llasil penelitian mcnunjukkan : ( 1) basil bclajar Sosiologi yang diajar dengan Strategi Pengorganisasian Pembelajran model Elaborasi lebih tinggi daripada basil belajar Sosiologi yang diajar dengan Strategi pengorganisasian Pembelajaran model Ekspositori, dengan Fhitunl = 178,97 > Fllbel = 3,98 pada taraf signifikansi a = 0,05; (2) ha'>il belajar Sosiologi siswa yang memiliki Motivasi bclajar tinggi lcbih tinggi daripada basil belajar Sosiologi siswa yang mcmiliki Motivasi belajar rendah, Fhitung = 47,884 > F 1abcl = 3,98 pada taraf signifikansi a = 0.05; (3) terdapat interaksi antara strategi model pembelajaran dan Motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar Sosiologi, dcngan
Fhitung = 44,039 > Flabcl = 3,98 pada taraf signifikansi a = 0,05. Hipotesis ini mcnunjukkan bahwa Strategi model pembclajaran Etaborasi lebih tcpat daripada Strategi model pembelajaran Ekspositori dalam meningkatkan basil belajar Sosiologi siswa, dan siswa yang memiliki Motivasi belajar tinggi akan memperoleh hasil bclajar lebih tinggi dripada siswa yang memiliki Motivasi belajar rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 War p |
Keywords: | Ekspositori; Elaborasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 04:58 |
Last Modified: | 03 Jan 2019 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31642 |