Estellita, Dwi Diar (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR SENI DAN DESAIN MAHASISWA JURUSAN PKK FT UNIMED. Masters thesis, UNIMED.
1500081188230124 Abstrak.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
1500081188230124 Daftar ISi.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
1500081188230124 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
1500081188230124 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500081188230124 Bab V.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
1500081188230124 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh pembelajaran menggunakanmodul dan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar Dasar Seni dan Desain, 2)Pengaruh kebiasaan belajar Delay Avoidance dan kebiasaan belajar Work Methods yangdimiliki mahasiswa terhadap basil belajar Dasar Seni dan Desain, dan 3) Interaksi antarastrategi pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Dasar Seni dan Desainpada mahasiswa Jurusan PKK FT Unimed Medan.Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan PKK Fakultas Teknik Unimed pada semesterganjil tahun akademik 2010/2011. Populasi adalah seluruh mahasiswa yanag mengikutimatakuliah Dasar seni dan Desain sebanyak 247 orang, sampelnya adalah sebanyak 56 orang,yang terdiri dari kelas A sebanyak 27 orang diberi perlakuan pembelajaran menggunakanmodul, kelas B sebanyak 29 orang diberi perlakuan pembelajaran ekspositori. Metodepenelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan Desain. Factorial 2x2, teknikanalisis data yang digunakan adalah analisis Varian dua jalur (ANAVA). Data mengenaikebiasaan belajar mahasiswa diperoleh dengan menggunakan angket 40 butir (r = 0.94),sedangkan data hasil belajar Dasar seni dan Desain diperoleh melalui tes berbentuk pilihanganda sebanyak 35 butir soal dengan nilai r = 0.92.Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mahasiswa yang diajar denganpembelajaran menggunakan modul memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi ( X =33.63)dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositori( X = 30.00. Hal ini ditunjukkan oleh F hitung = 8.90 > F tabel = 4.01 dengan dk =1 padataraf signifikansi α = 0.05, (2) Mahasiswa yang memiliki kebiasaan belajar Delay Avoidancememperoleh hasil belajar yang lebih tinggi ( X =33.14) dibandingkan mahasiswa yangmemiliki kebiasaan belajar Work Methods (X = 29.43). Hal ini ditunjukkan oleh F hitung =-8.75 > F tabel 4.01 dengan dk = I pada taraf signifikansi α = 5%, (3) Terdapat interaksiantara strategi pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Dasar Seni danDesain. Hal ini ditunjukkan harga F hitung = 8.75 > F tabel 4.01 dengan dk = 1 pada tarafsignifikansi α = 5 %.Dengan uji lanjut Scheffee diperoleh hasil belajar Dasar Seni dan Desain yangmenggunakan pembelajaran modul lebih tinggi dari pada yang menggunakan pembelajaranekspositori bagi mahasiswa yang memiliki kebiasaan belajar Delay Avoidance denganperbedaan rata-rata hasil belajar adalah signifikan. Hasil belajar Dasar Seni dan Desainmahasiswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran modul bagi mahasiswa yangmemiliki kebiasaan belajar Delay Avoidance lebih tinggi dibandingkan dari mahasiswa yangdiajar menggunakan pembelajaran ekspositori bagi mahasiswa yang memiliki kebiasaanbelajar Work Methods, perbedaan rata-rata hasil belajar adalah signifikan.Hasil belajar Dasar Seni dan Desain mahasiswa yang diajar dengan menggunakanmodul bagi mahasiswa yang memiliki kebiasaan belajar Delay Avoidance lebih tinggidibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori bagi kelompokmahasiswa yang memiliki kebiasaan belajar Work Methods. Dalarn hal ini rata-rata basilbelajar menunjukkan perbedaan yang signifikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 378.053 Est p |
Keywords: | Design; Universities and Colleges; Art; |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education N Fine Arts > NK Decorative arts |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3161 |