BR GINTING, TETY VERA HAYATI (2018) PENERAPAN MODEL CORE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK ERIA MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142037 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 7141142037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
3. NIM. 7141142037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 7141142037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 7141142037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. NIM. 7141142037 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7141142037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7141142037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM. 7141142037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 7141142037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siwa kelas XI akuntansi Eria Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Eria Medan melalui penerapan Model CORE dengan Pendekatan Saintifik.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Eria Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi 1 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian tinadakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus Iyaitu 62,40% masuk katagori Cukup Kritis dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 79,90% masuk katagori Kritis. Sedangkan tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa jumlah siswa pada saat Pre Test sebelum dilaksanakannya siklus I hanya 10 siswa atau 33,33% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Setelah dilakukannya tindakan siklus I sebanyak 17siswa atau 56,67% yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum pada siklus II siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum mengalami peningkatan menjadi 26 orang atau 86,67%. Telah mencapai indicator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperolah nilai ≥ 75.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model CORE Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Eria Medan T.P 2018/2019 membuktikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi pembelajaran Penghapusan Piutang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 145 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis,Hasil Belajar,Model CORE Dengan Pendekatan Saintifik |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 14:01 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31570 |