PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, AKTIVITAS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA DI UNIVERSITAS AL MUSLIM BIRUEN

Rahmawati (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, AKTIVITAS DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA DI UNIVERSITAS AL MUSLIM BIRUEN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188930038 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188930038 Abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188930038 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188930038 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188930038 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188930038 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188930038 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188930038 Bab I.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188930038 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188930038 Bab V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188930038 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188930038 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan: (1) hasil belajar mahasiswa dalam matakuliah zoologi invertebrata yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional; (2) kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam matakuliah zoologi invertebrata yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional; (3) aktivitas, mahasiswa dalam matakuliah zoologi invertebrata yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan aktivitas mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional;dan (4) sikap ihniah mahasiswa dalam matakuliah zoologi invertebrate yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan sikap ilmiah mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional.Penelitian ini dilakukan di Universitas Almuslim Bireuen. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester III yang mengambil matakuliah zoologi invertebrate pada Tahun Ajaran 2010/201, berjumlah 5 kelas paralel. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari kelas eksperimen A (Pembelajaran Berbasis Masalah) dan kelas kontrol C (Pembelajaran Tradisional). Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang signifikan antaramahasiswa yang dibelajarakan dengan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran tradisional, thnung 6,78, P = 0,00; (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang signifikan antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran tradisional, th.g = 6,69, P = 0,00; (3) terdapat perbedaan aktivitas mahasiswa yang signifikan antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran tradisional, thnung = 15,61, P = 0,00; (4) terdapat perbedaan sikap ilmiah mahasiswa yang signifikan antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran tradisional, thitung = 2,89, P = 0,00. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar biologi mahasiswa dengan pembelajaran berbasis masalah (0,45 ± 0,28) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional (0,26 ± 0,01); (2) Kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan pembelajaran berbasis masalah (0,57 ± 0,02) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional (0,38 ± 0,02); (3) Aktivitas mahasiswa dengan pembelajaran berbasis masalah (78,48 ± 1,16) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional (56,10 ± 0,84); (4) Sikap mahasiswa dengan pembelajaran berbasis masalah (0,45 ± 0,04) lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran tradisional (0,31 ± 0,03) .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 574.071 Rah p
Keywords: Biologi; Hasil Belajar; Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 09 Jun 2016 05:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3157

Actions (login required)

View Item
View Item