Imamah, Husna (2018) PENINGKATAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK MELALUI PENERAPAN SUPERVISI MANAJERIAL METODE FOCUS GROUP DISCUSSION KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136132023 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. NIM 8136132023 APROOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM 8136132023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 8136132023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM 8136132023 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 8136132013 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 8136132013 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 8136132013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 8136132013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
13. NIM 8136132023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
14. NIM 8136132023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun program supervisi akademik melalui penerapan supervisi manajerial metode focus group discussion. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah yang ada di kota Medan berjumlah 10 orang. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian untuk mengetahui peningkatan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun program supervisi akademik menggunakan lembar penilaian dengan jumlah 10 butir aspek penilaian, di mana masing-masing aspek penilaian terdiri dari 4 deskriptor, sedangkan instrumen untuk mengetahui keberhasilan penerapan metode FGD menggunakan lembar observasi. Pada tahap prasiklus kompetensi rata-rata kepala sekolah dalam menyusun program supervisi akademik berada pada kategori sangat kurang yaitu dengan nilai 49. Setelah dilaksanakan supervisi manajerial siklus I kompetensi mengalami peningkatan rata-rata nilai menjadi 63,5 namun masih dalam kategori kurang. Setelah dilaksanakan siklus II nilai rata-rata kompetensi kepala sekolah kembali mengalami peningkatan menjadi 86,75 dan berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa metode focus group discussion dapat membantu meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun program supervisi akademik sebab suasana yang dibangun dalam diskusi memungkinkan peserta untuk saling berinteraksi lebih fleksibel serta penuh keterbukaan dengan sesama peserta atau dengan supervisor. Focus group discussion juga dapat membantu kepala sekolah untuk lebih terbuka dalam mengemukakan pendapat, ide serta gagasannya kepada supervisor. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa supervisi manajerial metode focus group discussion dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam menyusun program supervisi akademik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.5 Ima p |
Keywords: | Kompetensi, Supervisi Akademik, Supervisi Manajerial, Metode Focus Group Discussion |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Dec 2018 09:43 |
Last Modified: | 18 Dec 2018 09:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31561 |