PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEKNIK MERINGKAS MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN KELAS XI IPA DI KABUPATEN ACEH TAMIANG

Tampubolon, Lusni (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TEKNIK MERINGKAS MENGGUNAKAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN KELAS XI IPA DI KABUPATEN ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188910010 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188910010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188910010 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188910010 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188910010 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188910010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188910010 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188910010 Bab I.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188910010 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188910010 Bab V.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188910010 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188910010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk rnengetahui : (1) Hasil belajar siswa kelasXI IPA SMAN 1 dan 2 kabupaten Aceh tamiang yang dibelajarkan denganstrategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi jika dibandingkan dengansiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional; (2) Hasilbelajar siswa kelas XI IPA SMAN I dan 2 kabupaten Aceh tamiang dalam materisistem reproduksi manusia yang dibelajarkan dengan teknik meringkas catatanmenggunakan peta pikiran lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yangdibelajarkan dengan teknik meringkas catatan biasa; (3) Pengaruh interaksistrategi pembelajaran dan teknik meringkas terhadap hasil belajar siswa kelas XIIPA SMAN 1 dan 2 Kabupaten Aceh Tamiang. Populasi dalam penelitian iniseluruh siswa kelas XI yang berjumlah 457 orang yang terbagi dalam 6 kelas XIIPA di SMAN 1 dan kelas XI IPA di SMAN 2. Sampel adalah 4 kelas di SMAN1 dengan jumlah siswa 145 orang dan 4 kelas di SMAN 2 dengan jumlah siswa120 orang dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik samplingacak (random sampling). Teknik analisis data dilakukan dengan uji AnalisisVarians (ANAVA) Dua Jalur. Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1)Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 dan 2 Kabupaten. Aceh Tamiang yangdibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggidibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajarankonvensional (F= 4,550, P= 0,034 < 0,05). (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPASMAN 1 dan 2 Kabupaten Aceh Tamiang yang dibelajarkan dengan teknikmeringkas peta pikiran lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkandengan catatan biasa F= 46,630, P= 0,000 < 0,05). (3) Hasil belajar siswa yangdibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe jidsaw dengan teknik meringkascatatan biasa,pembelajaran tradisional dengan teknik meringkas catatanmenggunakan peta pikiran pembelajaran tradisional dengan teknik meringkascatatan menggunakan catatan biasa tidak berbeda signifikan,F= 0,25 p=0,643>0,05;

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 574.071 Tam p
Keywords: Strategi pembelajaran Biologi;Kooperatif; Peta Pikiran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 03:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3147

Actions (login required)

View Item
View Item