Husna, Diah Hafizhotul (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166182012 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 8166182012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM 8166182012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
3. NIM 8166182012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 8166182012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 8166182012 TABLES.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7. NIM 8166182012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8166182012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8166182012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
13. NIM 8166182012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
14. NIM 8166182012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, efektifitas dari bahan ajar IPA berbasis
STM dan mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan bahan ajar
IPA berbasis STM. pengembangan bahan ajar berbasis STM yang digunakan
termodifikasi dan diadaptasi pada model pengembangan Dick and Carey. Tahap
dalam penelitian ini akan dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu : studi
pendahuluan, perencanaan, Validasi dan ujicoba. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV MIN Medan Tembung kota Medan yang berjumlah sekitar
32 siswa. Pada kelas experimen dan kelas IV b sebagai kelas kontrol berjumlah
34. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebelum
menggunakan bahan ajar berbasis STM dengan sesudah menggunakan bahan ajar
berbasis STM pada kelas experimen yaitu : pada kelas experimen yang berjumlah
32 orang siswa pada hasil pretest terdapat 13 siswa kategori tuntas dengan
persentase 40,62% sedangkan siswa dalam kategori tidak tuntas terdapat 19 orang
siswa denagan persentase 59,37%. sedangkan pada hasil postest siswa dalam
kategori tuntas sebayak 32 orang siswa dengan persentase 100% . adapun nilai
rata-rata hasil pretest sebesar 72,18 sedangkan nilai rata-rata hasil postest sebesar
88. Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa
dengan menggunakan bahan ajar berbasis STM dengan tidak menggunakan bahan
ajar berbasis STM. buku ajar berbasis STM ini diharapkan menjadi acuan guru
dalam melaksanakan proses belajar mengajar pada pembelajaran IPA khususnya
untuk tingkat MIN /SD pada kelas IV materi sumber daya alam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Hus p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar, Model Sains Teknologi Masyarakat (STM), Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Dec 2018 09:51 |
Last Modified: | 07 Dec 2018 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31466 |