PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 1 ANGKOLA SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019

DAULAY, FADLAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 1 ANGKOLA SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 7141141026 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 7141141026 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 7141141026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 7141141026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 7141141026 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 7141141026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 7141141026 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 7141141026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 7141141026 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 7141141026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 7141141026 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 7141141026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 7141141026 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 7141141026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 7141141026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 7141141026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 7141141026 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 7141141026 BAB I.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 7141141026 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 7141141026 BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 7141141026 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 7141141026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Angkola Selatan yang beralamat di Jalan Marpinggan,Kelurahan Napa,Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Selatan berjumlah 90 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar berupa pilihan berganda dan angket kreativitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas adalah Kolmogorov Smirnov dengan kriteria Thitung > Ttabel pada taraf α = 0,05 dan uji homogenitas menggunakan uji F (Levene) dengan kriteria Fhitung > Ftabel pada taraf α = 0,05, sedangkan uji hipotesis menggunkan Anava Dua Jalur dengan kriteria pengujian adalah tolak H0 jika FA > Ftabel (dbA : dbD: 0,05), dalam hal lain terima Ha dan tolak Ha jika FB < Ftabel (dbA : dbD: 0,05), dalam hal lain terima H0 pada taraf α = 0,05.
Hasil analisis data diperoleh nilai rerata pre-test siswa kelas eksperimen = 59,83 dengan SD = 8,125 dan nilai rerata pre-test kelas kontrol = 56,16 dengan SD = 9,504, sedangkan nilai rerata post-test setelah diterapkan model pembelajaran project based learning = 85,16 dengan SD =6,672 dan konvensional = 77,50 dengan SD = 9,268. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Thitung = 0,075 > Ttabel = 0,05) dan homogen (Fhitung = 0,202 > Ftabel = 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1). Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan e learning = 85,16 dan konvensional = 77,50 dengan nilai sig. 0,000; 2). Rerata hasil belajar siswa yang memiliki kemandirian tinggi = 86,00 dan kemandirian rendah = 77,23 dengan nilai sig. 0,000; 3). Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan project based learning yaitu kelompok kemandirian tinggi = 90,00 dan kelompok kemandirian rendah = 81,47 lebih besar dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan dengan konvensional yaitu kelompok kemandirian tinggi 82,00 dan kelompok kemandirian rendah = 73,00 dengan nilai sig. 0,000, dalam hal ini ketiga hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan project based learning dengan kemandirian siswa terhadap hasil belaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 EKO 114
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 Dec 2018 15:33
Last Modified: 28 Jan 2019 01:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31464

Actions (login required)

View Item
View Item