ADELIA, NURUL (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS VIII SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111034 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 4141111034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
3. NIM 4141111034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM 4141111034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
5. NIM 4141111034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
6. NIM 4141111034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
7. NIM 4141111034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
8. NIM 4141111034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
9. NIM 4141111034 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4141111034 BAB V.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
14. NIM 4141111034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan geogebra pada sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-6 SMP Negeri 27 Medan T.A 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 27 Medan yang berjumlah 32 orang siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan geogebra pada sistem persamaan linier dua variabel. Intrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal, tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, observasi pembelajaran dan dokumentsi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes kemampuan awal yaitu 2 orang siswa dari 32 orang siswa (6%) dengan persentase kemampuan pemecahan masalah siswa 54,22%. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan geogebra menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 16 orang siswa (50%) dengan persentase kemampuan pemecahan masalah 67,81% mengalami peningkatan pada siklus II dengan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan geogebra diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 28 orang siswa (87,5%) dengan persentase kemampuan pemecahan masalah 78%. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri berbantuan geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-6 SMP Negeri 27 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 191 |
Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 06 Dec 2018 10:47 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31450 |