ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HEWAN INVERTEBRATA DI KELAS X MIA SMA SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

SINULINGGA, RUTH PRILA DIANITA (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI HEWAN INVERTEBRATA DI KELAS X MIA SMA SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4143141058 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4143141058 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4143141058 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4143141058 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4143141058 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4143141058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4143141058 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4143141058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4143141058 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4143141058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 4143141058 TABLE.pdf]
Preview
Text
6 NIM 4143141058 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 4143141058 ILLUSTRATIONS.pdf]
Preview
Text
7 NIM 4143141058 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 4143141058 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8 NIM 4143141058 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4143141058 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4143141058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4143141058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4143141058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4143141058 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4143141058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi Invertebrata berdasarkan aspek kognitif, indikator pembelajaran dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Swasta Dharma Pancasila Medan dan sampel diambil secara Purposive Sampling. Instrumennya adalah tes pilihan ganda dan kuesioner. Data dianalisis berdasarkan persentase dan kesulitan siswa untuk C1,C2,C3,C4,C5, dan C6 adalah 76,25% (sangat tinggi), 80,56% (sangat tinggi),76,39% (sangat tinggi),68,75% (sangat tinggi), 77,50% (sangat tinggi), 67,50% (sangat tinggi). Persentase kesulitan belajar setiap indikator meliputi :mengidentifikasi ciri – ciri umum Invertebrata 88,61%(sangat tinggi), menjelaskan dasar klasifikasi hewan Invertebrata sebesar 69,44% (sangat tinggi), membandingkan ciri masing – masing filum Invertebratasebesar 78,33% (sangat tinggi),menjelaskan beberapa contoh spesies hewan Invertebrata sebesar 63,33% (sangat tinggi), menggambarkan struktur tubuh hewan Invertebrata sebesar 77,08% (sangat tinggi), menjelaskan siklus hidup anggota hewan Invertebrata sebesar 78,75% (sangat tinggi),menjelaskan sistem metabolisme pada hewan Invertebrata sebesar 67,78% (sangat tinggi), menjelaskan peranan hewan Invertebrata bagi manusia sebesar 64,29% (sangat tinggi).Tingkat kesulitan materi Invertebrata yaitu mengidentifikasi ciri – ciri umum Invertebrata, menjelaskan dasar klasifikasi hewan Invertebrata, membandingkan ciri masing – masing filum Invertebrata, menjelaskan beberapa contoh spesies hewan Invertebrata, menggambarkan struktur tubuh hewan Invertebrata, menjelaskan siklus hidup anggota hewan Invertebrata, menjelaskan sistem metabolisme pada hewan Invertebrata, menjelaskan peranan hewan Invertebrata bagi manusia tergolong ke dalam kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 254
Keywords: KESULITAN BELAJAR, ASPEK KOGNITIF, INDIKATOR PEMBELAJARAN DAN INVERTEBRATA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 06 Dec 2018 10:07
Last Modified: 14 Feb 2019 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31447

Actions (login required)

View Item
View Item