PANJAITAN, DINDA ERMALISA (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI KELAS V SD NEGERI 013833 MARJANJI ACEH TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311016_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1143311016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM. 1143311016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM. 1143311016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1143311016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1143311016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1143311016_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1143311016_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 1143311016_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM. 1143311016_BAB I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
14. NIM. 1143311016_BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
15. NIM. 1143311016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar Bahasa Indonesia
siswa yang rendah, disebabkan pembelajaran yang masih berpusat kepada guru
serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui terjadinya peningkatan motivasi belajar Bahasa
Indonesia siswa dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence di
kelas V SD Negeri 013833 Marjanji Aceh Tahun Ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa – siswi kelas V SD Negeri Marjanji Aceh Tahun
Ajaran 2017/2018 dengan jumlah 27 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki – laki
dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada
penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi motivasi belajar siswa dan
angket pada awal dan akhir siklus. Lembar yang digunakan adalah lembar
observasi guru dan lembar observasi siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan
selama 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali
pertemuan. Masing – masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi.
Pada awal penelitian dilakukan penyebaran angket dengan memperoleh
nilai rata – rata 55,81% pada kondisi awal dan 83,77% pada kondisi akhir.
Observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan
rata – rata 57,55%, dilanjut dengan Siklus I Pertemuan 2 motivasi siswa sedang
dengan rata – rata 70,36%. Kemudian Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar
siswa tinggi dengan rata – rata 80,08%, dan Siklus II Pertemuan 2 motivasi
belajar siswa tinggi dengan rata – rata 83,94%. Hasil observasi kegiatan mengajar
peneliti yang guru kelas V menjadi observer pada Siklus I Pertemuan 1
memperoleh rata – rata 70,83% dengan kriteria sedang, pada Siklus I Pertemuan 2
meningkat menjadi 79,16% dengan kriteria sedang. Pada Siklus II Pertemuan 1
meningkat menjadi 85,41% dengan kriteria baik, kemudian pada Siklus II
Pertemuan 2 meningkat menjadi 91,66% dengan kriteria baik.
Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan
motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa materi pokok Menulis Puisi di kelas V
SD Negeri 013833 Marjanji Aceh Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 097 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 10:36 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31424 |