Sinuhaji, Purnamawaty (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGUASAI ALAT UKUR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA SMK NEGERI 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1500081188230091 Abstrak.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
1500081188230091 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
1500081188230091 Daftar ISi.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
1500081188230091 BAb I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500081188230091 Bab V.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
1500081188230091 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajarankontekstual dan gaya belajar serta interaksinya terhadap hasil belajar Menguasai AlatUkur Listrik dan Elektronika (MAULDE).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ProgramPemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 5 Medan, Tahun Ajaran 2010/2011 terdiridari 3 kelas berjumlah 108 orang. Sampel diambil sebanyak 2 kelas, yang berjumlah72 orang. Untuk masing- masing kelas digunakan strategi pembelajaran yangberbeda. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Samplingberdasarkan penalaran formal mahasiswa, sehingga sampel penelitian ini padakelompok pembelajaran masing masing terdiri 20 orang. Metode penelitian yangdigunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisisyang digunakan adalah analisis varian dua jalur(Two Way Anava 2 x 2) dengan tarafsignifikansi α = 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjut menggunakanuji Tuckey.Temuan penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar MAULDE dari siswa yangdiajar dengan strategi masyarakat belajar lebih tinggi dibandingkan dengan dengansiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konstruktivisme pada tarafkepercayaan pada taraf kepercayaan α = 0,05 dengan Fh sebesar 19,33 dan hargaTabel Ft untuk taraf signifikansi a sebesar 0,05 adalah 4,09 dengan derajat kebebasandk(1:19) didapat Fh (19,33,33) > Ft (4,09). Dengan menggunakan Uji Tukey diperolehQtabel = 3,96 untuk taraf signifikansi 0.(a.05), sedangkan hasil perhitungan Qhitung = 6,19.maka didapat Qhitung (6,19) > Qtabel (3.96), maka secara keseluruhan siswa SMKNegeri 5 Medan yang mengikuti pembelajaran dengan strategi masyarakat belajarmemperoleh memperoleh hash MAULDE lebih tinggi dari pada strategi pmbelajarankon.struktivist., (2) Hasil belajar MAULDE dari siswa SMK Negeri 5 Medan dengangaya belajar kinestetik lebih tinggi dari siswa dengan gaya belajar visual, pada tarafkepercayaan α=0,05 dengan harga hitung Fh = 15,03 dan harga tabel Ft untuk α =0,05 dengan dk = (1: 19) diperoleh F0,05(1,19) = 4,09 sehingga dapat dinyatakan bahwaFh ( 15,03) > Ft (4,09) dengan menggunakan Uji Tukey didapat diperoleh Qtabei = 3,79unguntuk taraf signifikansi α(o.05), hasil perhitungan Qh = 5,45. maka didapat Qhitung(5,45) > Qtabel (3.79) sehingga disimpulkan bahwa siswa SMK Negeri 5 Medan yangmemiliki gaya belajar kinetetik lebih tinggi mempunyai hasil lebih tinggidibandingkan dengan siswa dengan gaya belajar visul, (3) Terdapat interaksi antarastrategi pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar MAULDE,diperoleh Fh = 38,47 dan harga tabel Ft untuk taraf kepercayaan (α) sebesar 0.05dengan dk (1:16) adalah Ft(0,05X1,16) = 3,94 sehingga dapat dinyatakan Fh (42,96 ) >Ft (4,09).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.23 Sin p |
Keywords: | Konstektual;Listrik;Elektronika; Gaya, Kapasitas Elektronik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3142 |