HUSNA, MIFTAHUL (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI PELUANG KELAS IX SMP CERDAS MURNI TEMBUNG T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142111041 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4142111041 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3. NIM 4142111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM 4142111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM 4142111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 4142111041 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 4142111041 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM 4142111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
13. NIM 4142111041 CHAPTER V555.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4142111041 REFERENCE333.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan
saintifik berbantuan alat peraga sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX-1 SMP Cerdas Murni Tembung
yang berjumlah 34 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, angket dan observasi.
Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dilihat dari hasil analisis
angket siswa yang meningkat dan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa dilihat dari hasil tes siswa yang meningkat baik tiap indikator maupun
secara keseluruhan. Pada siklus I persentase skor rata-rata motivasi belajar siswa
sebesar 71% dengan kategori “sedang”, persentase kemampuan siswa dalam
memahami masalah mencapai 73,13% dengan kategori “sedang”, persentase
kemampuan siswa merencanakan strategi pemecahan masalah mencapai 68,82%
dengan kategori “Sedang”, persentase kemampuan siswa menyelesaikan masalah
mencapai 68,52% dengan kategori “rendah”, persentase kemampuan siswa dalam
menafsirkan solusi/ mengecek kembali mencapai 51,56% dengan kategori “sangat
rendah”. Serta persentase rata-rata skor pemecahan masalah secara keseluruhan
mencapai 65,50% dengan kategori “sedang”. Sedangkan pada siklus II persentase
skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 81% dengan kategori “tinggi”,
persentase kemampuan siswa dalam memahami masalah mencapai 90% dengan
kategori “sangat tinggi”, persentase kemampuan siswa merencanakan strategi
pemecahan masalah siswa mencapai 79,80% dengan kategori “sedang”,
persentase kemampuan siswa menyelesaikan masalah mencapai 74,85% dengan
kategori “Sedang”, persentase kemampuan siswa dalam menafsirkan solusi/
mengecek kembali mencapai 70,69% dengan kategori “Sedang”. Sedangkan
persentase rata-rata skor pemecahan masalah secara keseluruhan mencapai
78,66% dengan kategori “sedang”. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan alat peraga dapat
meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 192 |
Keywords: | Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Saintifik, Alat Peraga |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 10:41 |
Last Modified: | 04 Dec 2018 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31409 |