SIMANJUNTAK, AMSAL JULIANDRA FERNANDO (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 41 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133111003 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 4133111003 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4133111003 ABSTRAC_docx.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 4133111003 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM. 4133111003 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 4133111003 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM 4133111003 ILLUSTRTION_docx.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 4133111003 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13. NIM 4133111003 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM 4133111003 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada
sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMP Negeri 41 Medan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 41 Medan
yang berjumlah 32 orang siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa dengan strategi pembelajaran Inkuiri pada
sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana di akhir setiap siklus
diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui tingkat
kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis.
Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal untuk
mengetahui kemampuan awal siswa terhadap soal pemecahan masalah matematis
dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah.
Berdasarkan hasil tes awal diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa adalah sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 54,8 dimana
siswa yang mencapai nilai ketuntasan 12 orang dari 32 orang siswa (37,5%).
Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan
masalah matematis adalah rendah dengan nilai rata-rata 63,5. Dimana jumlah
siswa yang mencapai ketuntasan 16 orang dari 32 orang siswa (50%), dan
kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 2,7 dengan kategori baik.
Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingkat kemampuan
pemecahan matematis siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata 81,09. Jumlah
siswa yang dinyatakan mencapai ketuntasan pembelajaran 29 orang dari 32 orang
siswa (90,6%), dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 2,98
dengan kategori baik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 41
Medan. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan strategi pembelajaran
inkuiri sebagai alternatif dalam pembelajaran dan selalu membuat latihan tes yang
bertujuan lebih melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 195 |
Keywords: | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS, INKUIRI |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 10:36 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31406 |