Rahayu, Titis (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA SMP NEGERI 24 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1500081188230171 Abstrak.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
1500081188230171 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
1500081188230171 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
1500081188230171 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500081188230171 BAb V.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
1500081188230171 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuanmenulis siswa yang diajar dengan strategi genius learning dan siswa yang diajardengan strategi ekspositori, (2) untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulissiswa yang memiliki konsep diri positif dan siswa yang memiliki konsep diri negatif,dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dengan konsep diriterhadap kemampuan menulis siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 24Medan, sedangkan sampel diambil sebanyak dua kelas secara cluster randomsampling yaitu kelas VII A dan VII D. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 24Medan pada semester ganjil tahun pengajaran 2010/ 2011. Metode penelitian yangdigunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Instrumenpenelitian menggunakan tes konsep diri siswa dan kemampuan menulis siswa..Teknik analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptifuntuk meyajikan data dan statistik inferensial digunakan ANAVA 2 jalur. SebelumANAVA 2 jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis datayaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas varians dengan ujiBartlett pada taraf signifikasi 5 %. Untuk mengukur kemampuan menulis digunakantes esai.Berdasarkan hasil ANAVA diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Kemampuanmenulis siswa SMP Negeri 24 Medan yang diajar dengan strategi genius learninglebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan menulis siswa yang, diajar denganstrategi ekspositori. Besarnya Fhitung = 4.92 dan Ftabel = 3,98 pada taraf signifikansi0,05. Hal ini berarti bahwa Fhitung> Ftabel (2) Siswa yang memiliki konsep diri positipmemperoleh kemampuan menulis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yangmexniliki konsep diri negatip. Besarnya Fhitung = 22.37 dan Ftabel = 3.98 pada tarafsignifikansi 0,05. Hal ini berarti bahwa Fhitung > Ftabel(3) Terdapat interaksi antarastrategi pembelajaran dengan konsep diri dalam mempengaruhi kemampuan menulissiswa SMP Negeri 24 Medan. Besarnya Fhitung = 8.96 dan Ftabel = 3,98 pada tarafsignifikansi 0,05. Hal ini berarti bahwa Fhitung> Ftabel. Dengan uji lanjut menggunakanuji Scheffe menunjukan perbedaan hasil kemampuan menulis yang signifikan antarasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran genius learning dengan yang diajardengan strategi pembelajaran ekspositori demikian halnya dengan kemampuanmenulis siswa yang memiliki konsep diri positif dan konsep diri negatifPeningkatan kemampuan menulis siswa dapat dilakukan denganmenggunakan strategi genius learning. Konsep diri siswa juga dapat menjadi salahsatu faktor pendukung dalam peningkatan kemampuan menulis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Rah p |
Keywords: | Konsep Diri; Kemampuan Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3140 |