BENGI, RISMA SIMAH (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4141111042 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM 4141111042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3 NIM 4141111042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4 NIM 4141111042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
5 NIM 4141111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6 NIM 4141111042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7 NIM 4141111042 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8 NIM 4141111042 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10 NIM 4141111042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (800kB) | Preview
14 NIM 4141111042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
15 NIM 4141111042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan
kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran
kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan yang diajar dengan pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan dan sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 32 siswa dan kelas
VII-5 yang berjumlah 32 siswa. Kelas TPS dijadikan sebagai kelas eksperimen A
dan kelas STAD dijadikan sebagai kelas eksperimen B. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen semu. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan posttest yang telah
divalidasi dalam bentuk soal uraian. Pada kelas eksperimen A, nilai rata-rata
pretest adalah 52,22 dan nilai rata-rata posttest adalah 81,17, sedangkan pada
kelas eksperimen B, nilai rata-rata pretest adalah 51,66 dan nilai rata-rata posttest
adalah 74,92. Terhadap data pretest dan posttest dilakukan uji normalitas untuk
mengetahui apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk
mengetahui apakah data homogen. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh
bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan
untuk menjawab hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari
hasil uji hipotesis diperoleh = 8,999 = 1,999 sementara
kriterianya H0 jika ( ) ( ) ( ) (tidak
memenuhi) sehingga tolak H0 dan terima Ha. Hal ini berarti bahwa terdapat
perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran
kooperatif tipe TPS dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 197 |
Keywords: | Komunikasi Matematis, TPS, STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 10:23 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31398 |