SARI, DEVI PERMATA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PJBL DAN PBL PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIPA SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141012 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 4141141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
3. NIM. 4141141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 4141141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 4141141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 4141141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4141141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 4141141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4141141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. NIM. 4141141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
14. NIM. 4141141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang
diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem
Based Learning pada materi virus di kelas X MIPA SMAS Muhammadiyah 8
Kisaran tahun pembelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini merupakan Quasi
experimen (eksperimen semu). Sampel penelitian di ambil secara random
sampling (Sampel acak) sebanyak 70 siswa, yaitu kelas X MIPA1 yang berjumlah
35 orang sebagai kelas Project Based Learning dan kelas X MIPA2 yang
berjumlah 35 orang sebagai kelas Problem Based Learning. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa berbentuk
pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal yang telah divalidasi. Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model Project Based
Learning adalah 84 dengan SD 9,29 dan nilai hasil belajar siswa dengan model
Problem Based Learning adalah 78,57 dengan SD 8,36. Perbedaan hasil belajar
siswa diuji menggunakan uji-t (dua pihak) dengan α = 0,05. Data menunjukkan
bahwa hasil thitung = 2,01 dan terletak antara ttabel -1,998 hingga 1,998 sehingga Ho
ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang hasil
belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning dan Problem Based Learning pada materi virus di kelas X MIPA SMAS
Muhammadiyah 8 Kisaran tahun pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 251 |
Keywords: | Perbedaan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Project Based Learning,Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:26 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31366 |