Saparina, Paujiah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141056 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4141141056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM. 4141141056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM. 4141141056 PREPACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 4141141056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6. NIM. 4141141056 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM. 4141141056 TABLES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM. 4141141056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. NIM. 4141141056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 4141141056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Project
Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif dan Kreativitas Siswa Pada
Materi Virus di Kelas X SMA Negeri 9 Medan T.P. 2018/2019. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X–MIA SMA Negeri 9 Medan yang
terdiri dari 4 kelas dan jumlah seluruhnya 144 orang siswa. Pengambilan sampel
dalam penelitian ini ditentukan secara Purposive Sampling, yaitu kelas X-MIA 1
sebagai kelas eksperimen dan X-MIA2 sebagai kelas kontrol yang masing –
masing terdiri dari 36 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning sedangkan pada kelas
kontrol diberi perlakuan menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai rata – rata kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen
sebesar 77,87 ± 10,96 dan nilai rata – rata kreativitas sebesar 70,27 ± 8,36
sedangkan nilai rata kemampuan kognitif kelas kontrol sebesar 56,52 ± 14,60 dan
nilai rata-rata kreativitas sebesar 47,77 ± 14,21. Berdasarkan hasil uji hipotesis
dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05, diperoleh nilai
thitung > ttabel (1,72 >1,66) untuk kemampuan kognitif siswa dan untuk kreativitas
siswa thitung > ttabel (1,93 > 1,66). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan kognitif
dan kreativitas siswa di SMA Negeri 9 Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 252 |
Keywords: | PROJECT BASED LEARNING, KEMAMPUAN KOGNITIF, KREATIVITAS, VIRUS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:25 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31365 |