Hasanah, Uswatun (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311060 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM 2143311060 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
3. NIM 2143311060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM 2143311060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
5. NIM 2143311060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM 2143311060 DAFTAR TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 2143311060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
12. NIM 2143311060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
13. NIM 2143311060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran
experiential learning terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks laporan
hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun
pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari
yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 154 orang. Sampel yang diambil adalah 30
orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pre-test post-test group design.
Nilai rata-rata yang diperoleh post-test sebesar 75,66 termasuk dalam kategori
baik, sedangkan kelas pre-test memperoleh nilai rata-rata sebesar 62 termasuk
dalam kategori cukup. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu
dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal.Setelah
dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan. Hasil uji
normalitas untuk data post-test ialah (0.138 < 0.1566), pre-test (0.161 < 0.1566).
Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks laporan hasil observasi adalah
Fhitung < Ftabel (1,22 < 1,67) dan uji hipotesis thitung > ttabel (4,59 > 1.67). jadi, dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Experiential Learning
terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa
kelas VII SMP Muhammadiyah 1Medan tahun pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 166 |
Keywords: | Pengaruh; menulis; teks laporan hasil observasi; model experiential learning |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:21 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31362 |