PERBEDAAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG

LUBIS, RISDA HAFIZA (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141111041 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141111041 COVER.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141111041 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141111041 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141111041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141111041 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141111041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141111041 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141111041 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141111041 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141111041 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141111041 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141111041 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141111041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4141111041 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4141111041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141111041 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141111041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa melalui pembelajaran
berbasis masalah dan pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X SMK Sandhy Putra 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang
dikelompokkan ke dalam 8 kelas dan sampelnya adalah kelompok siswa yang
diajar dengan pembelajaran berbasis masalah yaitu kelas X-TB 1 dan kelompok
siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung yaitu kelas X-TB 2. Kelompok
siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah sebagai kelas eksperimen
dan kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung sebagai kelas
kontrol. Jenis penulisan ini adalah eksperimen semu. Untuk memperoleh data yang
diperlukan, digunakan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika
berupa uraian sebanyak 2 soal untuk postes. Dari data tersebut didapati nilai
tertinggi di kelas eksperimen 95 dan nilai terendahnya 70, sedangkan nilai tertinggi
di kelas kontrol 90 dan nilai terendahnya 65. Rata-rata nilai tes kemampuan
menyelesaikan soal cerita matematika siswa menggunakan pembelajaran berbasis
masalah adalah 84,35 dengan simpangan baku 6,96 dan rata-rata hasil tes
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa menggunakan
pembelajaran langsung adalah 76,46 dengan simpangan baku 8,01. Untuk uji
hipotesis digunakan uji t satu pihak, dari hasil perhitungan diperoleh
dan dengan kriteria pengujian adalah terima H0 jika .
Sehingga terlihat bahwa ditolak, maka diterima atau dengan kata lain
kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas X SMK Sandhy
Putra 2 Medan yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi
daripada yang diajar dengan pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 203
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Langsung, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 09:47
Last Modified: 03 Dec 2018 07:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item
View Item