PENGARUH GENDER DAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA ANGKATAN 2014 PENDIDIKAN TATANIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

AMBARITA, DESI NATALIA (2018) PENGARUH GENDER DAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA ANGKATAN 2014 PENDIDIKAN TATANIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143141018_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143141018_COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143141018_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143141018_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143141018_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143141018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143141018_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143141018_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143141018_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143141018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143141018_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143141018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143141018_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143141018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143141018_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143141018_BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143141018_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143141018_BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143141018_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143141018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh jenis
kelamin dan tempat tinggal dan literasi keuangan. Penelitian ini dilaksanakan di
Fakultas Ekonomi Unimed yang beralamat di Jl. Williem Iskandar, Pasar V
Medan Estate. Jenis penelitian ini adalah expost facto Populasi dan Sampel
penelitian ini adalah program studi pendidikan tataniaga fakultas ekonomi,
Universitas Negeri Medan berjumlah 76 responden dengan metode pengambilan
sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi,wawancara,dan kuesioner/angket. Untuk uji instrument penelitian
menggunakan uji validitas, uji reliabialitas. Untuk menganalisi data, penulis
menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan persamaan regresi berganda dan
untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi
(R2).
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan
garis secara linear Y= 4,67α + 0,688 (X1) – 0,688 (X2). Hasil analisis uji t untuk
variabel Gender (X1) sebesar dengan nilai Thitung = 5,163 , Ttabel = 1,665. Dengan
demikian maka hipotesis pertama Gender berpengaruh signifikan terhadap
Literasi Keuangan (Y) sehingga hipotesis pertama di terima. Untuk variabel
Tempat tinggal (X2) diperoleh nilai Thitung = 1,604 < Ttabel = 1,665, dengan
demikian hipotesis kedua dapat disimpulkan bahwa tempat tinggall tidak
berpengaruh signifikan terhadap Literasi Keuangan (Y) sehingga hipotesis kedua
ditolak. Berdasarkan uji F diperoleh bahwa Fhitung = 13,583 > Ftabbel = 2,370 maka
dapat disimpulkan bahwa Gender dan Tempat Tinggal secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap Literasi Keuangan diterima mahasiswa Angkatan
2014 Pendidikan Tataniaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 NIAGA 063
Keywords: GENDER, TEMPAT TINGGAL, LITERASI KEUANGAN
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 03 Dec 2018 09:26
Last Modified: 03 Jan 2019 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31306

Actions (login required)

View Item
View Item