Teresia, Maria (2018) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DEAR KIDS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
02 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
03 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
04 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
05 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
06 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14 NIM 1113113021 MARIA TERESIA - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
dengan baik. Hal tersebut dikarenakan kegiatan untuk menunjang
kemandirian anak disekolah masih bersifat biasa sehingga anak bosan ketika
belajar, kegiatan berpusat pada guru sehingga kurang memberikan kesempatan
kepada anak untuk melakukan kegiatan kemandirian, metode pembelajaran yang
digunakan guru kurang bervariasi terutama dalam penggunaan metode pemberian
tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh metode pemberian
tugas terhadap kemandirian anak kelompok usia 5-6 tahun di Tk Dear Kids
kelompok B2 sebagai kelas eksperimen dan kelompok B1 sebagai kelas kontrol.
Yang ditentukan secara random dengan jum;ah sampel disetiap kelas sebanyak 20
orang anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian
post test only control design. Variabel bebas adalah metode pemberian tugas
sedangkan variabel terikat adalah kemandirian. Instrumen pengumpulan data
adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji
hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi pada taraf nyata α =
0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas
eksperimen10,3 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8, sehingga
kemandirian anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan.
Sedangkan nilai rata-rata pada kelas control 7,05 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai
terendah 5. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara metode pemberian tugas terhadap kemandirian
anak dan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,02 >1,707 pada
taraf α = 0.05. Dengan demikian penggunaan metode pemberian tugas memiliki
pengaruh yang lebih baik terhadap kemandirian anak dibandingkan dengan kelas
control yang menerapkan metode demonstrasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 086 |
Keywords: | pemberian tugas,kemandirian,anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 09:22 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31302 |