Astuti, Maya (2018) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY DAN SOCIETY (SETS) BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA SMP N 5 LIMA PULUH T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143141037 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2.NIM 4143141037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM 4143141037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
4. NIM 4143141037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
5. NIM 4143141037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
6. NIM 4143141037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
7. NIM 4143141037 TABLES.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
9. NIM 4143141037 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
13. NIM 4143141037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM 4143141037 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Sains,
Environment, Technology, dan Society (SETS) berbantuan media visual terhadap
kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada materi klasifikasi makhluk
hidup. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pendekatan Sains,
Environment, Technology, dan Society (SETS) berbantuan media visual sebagai
variabel bebas, dan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah sebagai variabel
terikat. Populsai dalam penelitian adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 5 Lima
Puluh tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas,
yaitu kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan lembar
observasi sikap ilmiah. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t (t-test)
untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan 1) ada pengaruh yang
signifikan pendekatan Sains, Environment, Technology, dan Society (SETS)
berbantuan media visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (thitung; 2,37;
ttabel(0,05,62): 1,66). 2) ada pengaruh yang signifikan pendekatan Sains,
Environment, Technology, dan Society (SETS) berbantuan media visual terhadap
sikap ilmiah (thitung; 3,88; ttabel(0,05,62): 1,66). Hasil penelitian menunjukkan tingkat
kemampuan berpikir kritis lebih baik pada kelas yang menggunakan pendekatan
SETS berbantuan media visual dengan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 250 |
Keywords: | Pendekatan Sets; Kemampuan Berpikir Kritis; Sikap Ilmiah |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 14:12 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31293 |