Harahap, Rita Sari Indah (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KERJA SAMA SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8166176016 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM.8166176016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. NIM. 8166176016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4. NIM. 8166176016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 8166176016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 8166176016 TABLES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. NIM. 8166176016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. NIM 8166176016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM 8166176016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
9. NIM 8166176016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. NIM 8166176016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM 8166176016 BIBLIOGRHAPY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan
keefektifan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif
berbasis budaya Batak dan mengetahui peningkatan keterampilan generik sains
dan kerja sama siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran melalui model
pembelajaran kooperatif berbasis budaya Batak. Penelitian ini merupakan
Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi
tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di
sekolah SMA Negeri 1 Tambangan dengan populasi sebanyak 21 siswa di kelas X
MIA I. Instrumen dan Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi
perangkat pembelajaran yaitu lembar validasi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), lembar validasi Lembar Kegiatan Siswa (LKS), lembar
validasi instrumen keterampilan generik sains dan kerja sama siswa, lembar
penilaian kepraktisan pembelajaran, lembar keefektifan pembelajaran, instrumen
aktivitas belajar, instrumen keterampilan generik sains dan angket kerja sama
siswa. Peningkatan keterampilan generik sains dan kerja sama siswa
menggunakan analisis dengan uji N-gain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif berbasis
budaya Batak telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Keterampilan
generik sains siswa meningkat ke kategori sedang dan terdapat peningkatan kerja
sama siswa dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.02 har p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Kooperatif berbasis Budaya Batak, Keterampilan Generik Sains, Kerja sama. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 07:31 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31273 |