Akhyar, Muhammad (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN PBM BERBASIS BUDAYA ACEH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA MTsS ULUMUDDIN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146171035 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 8146171053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
3. NIM. 8146171035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM. 8146171053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
5. NIM. 8146171035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 8146171053 TABLES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. NIM. 8146171053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. NIM. 8146171035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
12. NIM. 8146171035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
13. NIM. 8146171053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Validitas perangkat PBM-BBA
yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan;
3) Efektivitas perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 4) Peningkatan
kemampuan pemahaman konsep siswa MTsS Ulumuddin dengan menggunakan
perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 5) Peningkatan self efficacy siswa
MTsS Ulumuddin dengan menggunakan perangkat PBM-BBA yang
dikembangkan; 6) Jenis kesalahan penyelesaian jawaban siswa dalam
menyelesaikan soal kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap
pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah menggunakan
model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat
pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan di kelas VIII-1 dan kelas
VIII-2 MTsS Ulumuddin. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1)
Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas
RPP = 4,6, buku siswa = 4,5, LAS = 4,6; 2) Perangkat PBM-BBA yang
dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat
pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil
pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori
sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah
dapat dikatakan baik; 3) Perangkat PBM-BBA yang dikembangkan efektif,
ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan
pembelajaran; dan c) Waktu pembelajaran; 4) Peningkatan pemahaman konsep
siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan PBM berbasis
budaya Aceh yang dikembangkan; 5) Peningkatan self efficacy siswa dengan
menggunakan perangkat PBM-BBA yang dikembangkan; 6) Terdapat 5 jenis
kesalahan yang sering dilakukan siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Akh p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model 4-D, PBM-BBA, Kemampuan Pemahaman Konsep, Self Efficacy Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 07:02 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31270 |