GULTOM, VINANSIUS (2018) HUBUNGAN MINAT MASUK PENDIDIKAN TEKNIK KEJURUAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133321013 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 5133321013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM. 5133321013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 5133321013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 5133321013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM. 5133321013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5133321013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5133321013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
10. NIM. 5133321013 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 5133321013 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 5133321013 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (954kB) | Preview
13. NIM. 5133321013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 5133321013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 5133321013 ENCLOSURE .pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan Minat Masuk Pendidikan Teknik Kejuruan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan berjumlah 70 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 59 orang siswa kelas XI yang ditentukan secara acak. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan hasil tes, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat Masuk Pendidikan Teknik Kejuruan dan Kemandirian Belajar. Sedangkan untuk variabel Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut dijaring dengan menggunakan hasil tes. Jumlah instrumen angket Kemandirian Belajar sebanyak 30 soal dan 25 soal yang valid dengan reliabilitas 0,064 tergolong sangat kuat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji korelasi antara variabel X1 dengan Y diperoleh bahwa rhitung = 0,501 dan nilai rtabel pada α = 0,05 adalah 0,252. Hal ini berarti rhiutng > rtabel, maka hipotesis diterima. Dan untuk variabel X2 dengan Y diperoleh rhitung = 0,453 nilai rtabel pada α = 0,05 adalah 0,252 . Hal ini berarti rhitung > rtabel, maka hipotesis diterima. Hasil analisis regresi sebagai berikut : Fh = 5,774 harga Ft = 3,16 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (18,014 ≥ 3,14). Bahwa persamaan regresi Y = 26,821 + 0,356 X1 + 0,264 X2 dapat ditarik kesimpulan mengenai hubungan antara Minat Masuk Pendidikan Teknik Kejuruan dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut. Dengan demikian hipotesis terdapat hubungan yang positif antara Minat Masuk Pendidikan Teknik Kejuruan dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Teknik Pemesinan Bubut Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dapat diterima sebesar r = 0,626, menggunakan rumus product moment pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 060 |
Keywords: | MINAT MASUK PENDIDIKAN TEKNIK KEJURUAN, KEMANDIRIAN BELAJAR, HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 11:35 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31209 |