PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2018/2019

VICTA, LAMSIHAR MEI (2018) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7141141036_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7141141036_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7141141036_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7141141036_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7141141036_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7141141036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7141141036_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7141141036_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7141141036_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7141141036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7141141036_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7141141036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7141141036_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7141141036_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7141141036_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7141141036_BAB I.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7141141036_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7141141036_BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7141141036_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7141141036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
korespondensi siswa kelas X AP Di SMK N 6 Medan. Penelitian ini dilaksanakan
di SMKN 6 Medan T.P 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X AP SMKN 6 Medan berjumlah 108 siswa yang terdiri dari 3 kelas.
Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X AP 2
yang berjumlah 36 orang pada kelas eksperiment dan kelas X AP 3 yang
berjumlah 36 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah tes hasil belajar korespondensi dalam bentuk pilihan
berganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelum tes ini diberikan kepada sampel
sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat
validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis
data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui
uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji t pada taraf α = 0,05.
Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa dengan kolaborasi model
pembelajaran Student Teams Achievement Divicion dan Examples Non Examples
adalah nilai rata-rata pre test 53,75, dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 20 serta
standard deviasi 12,22 dan post test terbesar 80,14 dengan nilai tertinggi 100 dan
nilai terendah 60 serta standar deviasi 8,58. Sedangkan hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah nilai rata-rata pre test
50,97 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 10 serta standard deviasi 13,98
dan post test terbesar 75,14 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60 serta
standar deviasi 7,12. Hasl pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu
2,677 > 1,668 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis
diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan penggunaan kolaborasi model pembelajaran Student Teams
Achievement Divicion dan Examples Non Examples terhadap hasil belajar
korespondensi pada ranah kognitif siswa kelas X AP SMKN 6 Medan T.P
2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ADP 042
Keywords: Kolaborasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division dan Examples Non Examples, Hasil Belajar Korespondensi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Oct 2018 11:00
Last Modified: 13 Nov 2018 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31191

Actions (login required)

View Item
View Item