Lubis, Anggi Ayu Sari (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK KREATIF TERHADAP SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151006_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1143151006_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 1143151006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 1143151006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 1143151006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1143151006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143151006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM. 1143151006_BAB I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
13. NIM. 1143151006_BAB V.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
14. NIM. 1143151006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh
konseling kelompok teknik kreatif terhadap self-esteem pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 16 Medan T.A. 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh konseling kelompok teknik kreatif terhadap self-esteem pada siswa kelas
VIII SMP Negeri 16 Medan T.A. 2018/2019.Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design.Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII-6 yang terdiri dari 10 orang siswa. Instrument yang
digunakan adalah angket untuk mengetahui self-esteem siswa. Instrument diberikan
sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok teknik kreatif. Teknik analisis
data yang diperoleh menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung= 24 dengan = 0,05 dan n = 10, maka
berdasarkan daftar, Jtabel = 8. Dengan demikian Jhitung > Jtabel (24> 8). Data Pre-test
diperoleh rata – rata 62,9 termasuk kategori rendah sedangkan data post-test atau
setelah pemberian layanan konseling kelompok teknik kreatif diperoleh skor rata-rata
85,2 termasuk kategori sedang. Artinya rata – rata siswa setelah mendapat layanan
konseling kelompok dengan teknik kreatif lebih tinggi daripada sebelum
mendapatkan layanan konseling kelompok dengan teknik kreatif. Perubahan
peningkatan interval self-esteem siswa setelah diberi layanan konseling kelompok
teknik kreatif sebesar 21,9 atau 35%. Hal ini menunjukan ada pengaruh pemberian
konseling kelompok Teknik Kreatif Terhadap Self-Esteem Pada Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 16 Medan T.A 2018/2019 atau hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 079 |
Keywords: | konseling kelompok; teknik kreatif; self esteem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 10:47 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31184 |