PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 101903 BAKARAN BATU T.A 2018/2019

RIRIN (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 101903 BAKARAN BATU T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143311054_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143311054_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143311054_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143311054_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143311054_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143311054_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143311054_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143311054_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143311054_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143311054_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143311054_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143311054_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143311054_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143311054_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143311054_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143311054_BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1143311054_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1143311054_BAB V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143311054_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143311054_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Make A Match Dengan Tipe Think Pair Share Terhadap
Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 101903 Bakaran Batu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di
SDN 101903 Bakaran Batu pada semester ganjil T.A 2018/2019. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 101903 Bakaran Batu yang
berjumlah 60 orang. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A 30 siswa dan IV
B 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan
tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu Pre Test dan Post Test. Teknik analisis
data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan model
pembelajaran tipe Make A Match dan tipe Think Pair Share terhadap kemampuan
membaca pemahaman siswa. Hasil kemampuan membaca pemahaman
menggunakan model Make A Match pada kelas eksperimen I diperoleh dari data
pre test dengan nilai rata-rata ( X = 65,33) dengan standar deviasi 13,41 dan nilai
post test dengan nilai rata-rata ( X 1 = 87,33) dengan standar deviasi 11,88.
Sedangkan hasil Kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan model
Think Pair Share pada kelas eksperimen II diperoleh dari data pre test dengan
nilai rata-rata ( X = 56,16) dengan standar deviasi 14,24 dan nilai post test dengan
nilai rata-rata ( X 2 = 83,66) dengan standar deviasi 13,16. Hasil uji normalitas
menunjukkan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan tipe
Think Pair Sahre berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen I Lo (0,053) <
Ltabel (0,161) dan untuk kelas eksperimen II Lo (0,019) < Ltabel (0,161). Hasil uji
homogenitas menunjukkan Fhitung < Ftabel = 1,22 < 2,07 disimpulkan bahwa varians
sampel adalah homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima
dengan perolehan thitung > ttabel = 4,893 > 2,018. Hal ini berarti terdapat perbedaan
penggunaan model pembelajaran tipe Make A Match dan tipe Think Pair Share
terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.
Dengan demikian hasil penelitian yang telah dilakukan dan dari analisis data dapat
disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa yang menggunakan
tipe Think Pair Share lebih meningkat dibandingkan dengan tipe Make A Match.
Oleh karena itu peneliti menyarankan guru dapat menggunakan model
pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 461
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Make A Match, Think Pair Share, Kemampuan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 24 Oct 2018 10:50
Last Modified: 25 Oct 2018 09:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31110

Actions (login required)

View Item
View Item