HUTAGALUNG, TODO ANNES (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133122028 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 5133122028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM. 5133122028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 5133122028 LIST OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 5133122028 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5133122028 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5133122028 LIST OF APPENDICCES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5133122028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
13. NIM. 5133122028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. NIM. 5133122028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya : (1) hubungan persepsi
siswa tentang penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar pemeliharaan
sasis dan pemindah tenaga, (2) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar
pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga, (3) hubungan persepsi siswa tentang
penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama
dengan hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga. Metode dalam
penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Percut Sei Tuan yang
berjumlah 105 orang dengan sampel sebanyak 83 orang yang diambil
menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil penelitian di
analisis menggunakan teknik korelasi product moment, korelasi parsial dan
korelasi ganda. Dari hasil analisis pada N = 83 taraf signifikan 5 %, temuan
penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dengan hasil
belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga dengan harga koefisien korelasi
rhitung > rtabel (0,406 > 0,216), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara motivasi belajar dengan hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah
tenaga dengan harga koefisien korelasi rhitung > rtabel (0,368 > 0,216, (3) terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan
media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil
belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga dengan harga koefisien korelasi
rhitung > rtabel (0,491> 0,216). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan
media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar pemeliharaan sasis
dan pemindah tenaga siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Kendaraan
Ringan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 OTM 008 |
Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 10:20 |
Last Modified: | 23 Oct 2018 05:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31082 |