Atika, Endah Dwi (2018) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 30 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141111013 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM. 4141111013 APPROVAL SHEET_doc.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3. NIM. 4141111013 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
5. NIM. 4141111013 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 4141111013 ILLUSTRATIONS_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 4141111013 TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM. 4141111013 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. NIM. 4141111013 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 4141111013 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
14. NIM. 4141111013 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui LKS yang dikembangkan dengan pendekatan realistik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan
adalah pengembangan terhadap perangkat pembelajaran yang mengacu pada model pengembangan 4-D (four-D Model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Model ini meliputi empat tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 dan VII-8 SMP Negeri 30 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas LKS yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu sebesar 94% pada ujicoba 2. Ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator
pada ujicoba 2. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada ujicoba 1 hanya 59% meningkat sebesar 35% menjadi 94% pada ujicoba 2. Nilai rata-rata kelas juga meningkat dari ujicoba 1 sebesar 67,08 menjadi 83,66 pada ujicoba 2. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis pendekatan realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 152 |
Keywords: | LKS; Pendekatan Realistik; Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 16:23 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31068 |