Sikalei, Talitha (2018) PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 27 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143111052 COVER_doc.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM 4143111052 LEMBAR PENGESAHAN_doc.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3. NIM 4143111052 ABSTRAK_doc.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4. NIM 4143111052 KATA PENGANTAR_doc.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5. NIM 4143111052 DAFTAR ISI_doc.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 4143111052 DAFTAR GAMBAR_doc.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 4143111052 DAFTAR TABEL_doc.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
13. NIM 4143111052 BAB V_doc.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
14. NIM 4143111052 DAFTAR PUSTAKA_doc.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 27 Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII yang terdiri dari 342 siswa
yang tersebar dalam 9 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya satu kelas, yaitu kelas VII-5 yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel yang dilakukan pada penelitian ini adalah cluster random sampling dengan melakukan undian. Sebelum pembelajaran siswa diberi pretest, lalu siswa juga diberikan post test setelah diberi perlakuan. Instrument yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang telah divalidasi oleh dosen dan guru matematika. Pada uji normalitas pre test diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,071 < 0,157 yang berarti data normal dan pada post test diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,086 < 0,157 berarti data juga normal. Pada uji regresi akan dilakukan perhitungan uji keberartian dan linieritas. Pada uji keberartian, didapat Fhitung > Ftabel = 96,961 > 4,171 dimana jika Fhitung > Ftabel maka koefisien berarti. Dan didapat Fhitung < Ftabel = 0,951 < 2,341 pada uji linieritas yang berarti model regresi linier. Untuk uji hipotesis dilakukan perhitungan hubungan antara dua variabel. Dari hasil perhitungan didapat bahwa rhitung > rtabel = 0,874 > 0,349 dan koefisien determinasi = 0,764. Karena rhitung > rtabel, makan terima Ha yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebesar 76.4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 27 Medan T.A 2018/2019 sebesar 0,764 atau 76,4% melalui persamaan Y 16.06 0.764X
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 153 |
Keywords: | kemampuan berpikir kreatif matematis, pendekatan open ended |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 16:21 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31067 |