Syahrul (2011) HUBUNGAN EFEKTIVITAS PENGAWASAN DAN SIKAP INOVASI DENGAN KINERJA GURU SMP SUB RAYON 2 KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
15001500081188130013 Abstrak.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
1500081188130013 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
1500081188130013 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
1500081188130013 Bab I.pdf - Published Version
Download (18MB) | Preview
1500081188130013 Bab V.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
1500081188130013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Guru bertugas sebagai mediator dan fasilitator untuk mentrasferkan ilmu pengetahuan pada siswa sesuai dengan SK dan KD serta kompetensi lulusan tingkat satuan pendidikan. Saat ini guru kurang efektif dalam memahami tugas dan tanggung jawab tersebut. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan hubungan antara: I) efektifitas pengawasan dengan kinerja guru, 2) sikap inovasi dengan kinerja para guru, dan 3) efektifitas pengawasan dan sikap inovasi secara bersama-sama dengan kinerja para guru di SMP Sub Rayon 2 Kota Medan.Populasi penelitian adalah seluruh guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sub Rayon 2 Kota Medan berjumlah 209 orang dan sampel ditarik sebanyak 77 orang yang ditarik secara proforsional random sampling. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel. yaitu: kinerja guru, efektifitas pengawasan , dan sikap inovasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner/ angket. Angket sebelum digunakan menjaring data penelitian terlebih dahulu diujicobakan. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskripsi dan dilanjutkan dengan uji hipotesis. Sebelum uji hipotesis dilakukan analisis prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas dan keberartian persamaan regresi. Hipotesis 1 dan 2 diuji dengan korelasi dan regresi sederhana, hipotesis 3 diuji dengan korelasi dan regresi ganda. Keberartian koefisien korelasi diuji dengan rumus t.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara: 1) efektivitas pengawasan dengan kinerja guru SMP dengan korelasi 0,454, 2) sikap inovasi dengan kinerja guru SMP dengan korelasi 0,627 dan 3) efektivitas pengawasan dan sikap inovasi secara bersama-sama dengan kinerja guru SMP dengan korelasi 0,681. Besarnya sumbangan relatif efektivitas pengawasan terhadap kinerja guru, yaitu sebesar 27,51 % dan sikap inovasi terhadap kinerja guru sebesar 72,49 %. Besarnya sumbangan efektif dari efektivitas pengawasan terhadap kinerja guru, yaitu sebesar 12,75 % dan sikap inovasi sebesar 33,58 %. Hal ini berarti bahwa sikap inovasi metnpunyai sumbangan efektif yang lebih besar dibandingkan efektivitas pengawasan claim menjelaskan (mempengaruhi) kinerja guru SMP Sub Rayon 2 kota Medan dengan tarafsignifikansi 5 %.Para guru, agar selalu meningkatkan sikap inovasinya. Peningkatan sikap inovasi akan meningkatkan kinerja guru dalam menjalankan tugasnya. Peningkatan sikap inovasi dapat dilakukan melalui: terbuka terhadap pengalaman dan atau pengetahuan baru, merespon dengan positif terhadap inovasi-inovasi pembelajaran yang ada, serta kreatif mencari media, sumber dan metode pembelajaran yang dapat dilakukan dalam melaksanakan tugas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Sya h |
Keywords: | Efektivitas pengawasan; Sikap inovasi; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 May 2016 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3106 |