MELANI, WENY AMEYLIA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132142011 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 7132142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM 7132142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4. NIM 7132142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
5. NIM 7132142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM 7132142011 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7132142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 7132142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM 7132142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 7132142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XII IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Meaningful Instructional
Design lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode
pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3 BinjaiTahun
Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Binjai. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3 BinjaiTahun
Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 141 orang siswa yang terdiri dari 4
kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling
sehingga penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 orang siswa.
Kemudian diambil sampel dengan cara simple random sampling yaitu 54 orang
siswa masing-masing kelas 27 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa soal pilihan
berganda sebanyak 20 soal. Tes yang diberikan merupakan tes yang dikutip
penulis dari buku teks sesuai dengan materi ajar yang sudah baku sehingga
validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran telah teruji. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji
normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% pada
α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh thitung (4,90) > ttabel (1,676) yang berarti
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Meaningful
Instructional Design ̅ = 84,63 dan S = 7,84) lebih tinggi secara signifikan
dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran
konvensional ̅ = 74,81 dan S = 6,43) pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3
Binjai Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 117 |
Keywords: | Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 09:57 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31039 |